Sabtu, 27 November 2010

Time Value of Yourself

Menyaksikan pemaparan inspiratif Mario teguh dalam The golden ways. Minggu, 26 July 2009 di Metro TV. Dalam tema : sukses di usia muda. Berikut beberapa hal yang dapat saya sampaikan dari pemaparan Mario teguh tersebut. Dalam suatu sessi pertanyaan, seorang Audiens bertanya. Bagaimana agar bisa sukses dalam waktu cepat dan tepat tetapi juga konsisten. ”

Mario teguh kemudian menuliskan di atas tablet computer yang bisa langsung di tampilkan di layar besar di belakang. Sebuah kalimat, sambil berkata kepada audiens. “Tentunya kita sudah mengenal tentang konsep time value of money, yang sekarang kita tinggalkan itu, dan beralih kepada ‘time value of  yourself'
Seberapa tinggi Anda dapat menghargai diri sendiri. Berapa Anda di bayar dalam satu jam. Sehingga setinggi itu-lah, besar ketinggian kita dalam menghargai waktu. Sering kita jumpai, di Mall atau di pertokoan atau dalam suatu pameran, obralan. Banyak orang-orang pegawai negeri sipil, yang masih berseragam KORPRI berada disana pada saat jam kerja. Hal inilah, yang membuat waktu kerja mereka tidak efektif, terbuang percuma.
Suatu ketika, saya menyaksikan pekerja-pekerja kasar, kuli panggul. Yang bekerja mengangkat kardus-kardus, plastik-plastik besar belanjaan dari bawah ke atas. Sementara mereka melepaskan pakaian atas—bertelanjang dada. Kemudian saya bertanya, “kenapa anda tidak berpakaian, bukannya akan membuat badan anda kedinginan atau kepanasan.” Apa jawaban dari pekerja-pekerja itu, “kami di bayar kiloan pak”. Itu artinya, bayaran mereka diukur dengan jumlah berat (kilogram) barang yang dapat mereka panggul. Itulah mengapa mereka bertelanjang dada, untuk meringankan beban yang melekat di badan mereka. Lalu saya bertanya kembali “kenapa anda begitu rajin melakukan hal ini?” jawabnya “ kami di bayar kecil pak, jadi harus kerja keras untuk dapatkan upah tambahan”
Mereka bekerja keras karena di bayar kecil. Sehingga untuk mendapatkan upah besar, maka kerja yang di lakukan harus semakin keras, barang  harus di angkat juga harus besar. Tetepi kita, pada umumnya dengan gaji kecil, kecenderungan untuk bekerja keras sangat kurang. Kenapa? Jawabnya dari statement saya di awal. Bagaimana dia dapat menghargai dirinya. Dalam satu jam, seberapa besar nilai kerja yang di hasilkan. Seribu, lima ribu, seratus ribu. Karena nilai itu akan membuat waktu yang kita miliki juga menjadi berharga. Maka kunci sukses yang ingin saya sampaikan sederhana. Hargai diri anda, time value of yourself. Posisikan diri anda, dalam setiap satuan waktu yang anda miliki begitu berharga. Sehingga tidak boleh ada yang terlewatkan dengan percuma. Itu !

*ditulis saat PL di Kampar, Riau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih sudah berkunjung ke ariawiyana.co.cc