Sabtu, 12 Mei 2012

Masjid ke Masjid

Saya pernah memiliki keinginan, sampai sekarang masih ada ingin itu. Yakni rukuk dan sujud di setiap masjid masjid agung di Indonesia. Biasanya di setiap kota setiap provinsi memiliki setidaknya masjid besar yang jadi simbol atau ikon kota tsb.

Sebut saja istiqlal, kalau tidak salah masih memegang rekor masjid terbesar di ASEAN. Kemudian ada Samarinda Islamic Centre yg juga tidak kalah megahnya. Beraksitektur seperti kompleks masjid Nabawi di Madinah sana. Di Tangerang, kota dimana saya tinggal juga ada masjid unik dimana struktur bangunannya tidak memiliki tiang tengah penyangga dengan kubah bersusun tiga seperti di Brunei Darusalam.

Masjid lain yang pernah saya kunjungi : masjid agung Riau di Pekan baru dengan empat menara menjulang di sisi sisinya. Bila diperhatikan saksama, mirip dengan Taj Mahal yg masyhur itu. Kemudian masjid At tin, TMII. Masjid At taawun, puncak Bogor. Masjid Islamic Centre Cirebon. Masjid Agung Keraton Surakarta. Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Hingga Masjid di Paris peninggalan masa kekhalifahan.

Saya sempat mengungkapkan niatan ini pada kawan : Wawan Dinawan, Junasah, dan Sepriyadi Rihi. Pertengahan Maret 2011 silam. Saaat itu, di Masjid At taawun Puncak. Kami namakan kegiatan kami itu sebagai padepokan sambel. Yang kepanjangannya saya lupa. Dimana kegiatan kedepannya, kami akan menjelajah masjid ke masjid rukuk dan sujud disana, bertafakur, dan ikut menyelam dalam sejarah masjid tersebut. Rencana saat itu, kami akan memulai roadshow ke masjid agung Bekasi (Bekasi Islamic Centre) sekalian mampir ke rumah agan Wawan. Kemudian ke Jakarta Islamic Centre di Jakarta utara sekalian mampir ke Agan Junasah dan terakhir ke masjid Kota Tangerang sekalian mampir ke rumah saya. Namun sayang, setelah dari taawun sampai saat ini padepokan sambel belum melakukan kegiatan lagi. (Atau saya nya saja kali ya yg blm sempat bareng2 kalian lagi. Hehe). Eniwei, demikian postingan kali ini. Have a nice weekend. *siap2nyuci*

Wasalam
Published with Blogger-droid v1.7.4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih sudah berkunjung ke ariawiyana.co.cc