Minggu, 28 Agustus 2011

Alasan Gw..Kisah dibalik SKL (bag. 2)

lanjut kawula muda...

setelah postingan gw terakhir (5 April 2011). Gw disibukkan dengan hal leyeh-leyeh di kosan Aurora (halaah, gak meaning). Oia, ada yang belom gw ceritain niy kawula muda tentang prosesi berdarah-berah gw jelang sidang skripsi sampe dapet SKL (surat keterangan Lulus). Gimana beiib perlu gw ceritain gak niy? lanjut deh bang...oke deh mamen,,

Januari  - Maret


Gw langsung uring-uringan gak karuan, waktu dapet telepon dari mami (baca : dosen PA gw, ibu Prof. Erliza Hambali)--yang gw tau belakangan kalo yg nelepon gw itu, mas Anas,--aseli, waktu itu hampir panik lhoo.. ujug-ujug gw ditanya " gimana penelitian kamu? mana draft nya" yang waktu itu gw jawab asal. " eh, eh, iya bu, hmm selasa saya ke SBRC lagi (waktu itu ditelpn hari Sabtu)"

Posisi saat itu gw lagi rempong ngurusin Bogor IBF untuk kedua kalinya di PPIB, masjid raya bogor. gw jadi kordinator panitia (yang cuma ber-4, hehe). Lantaran rempong ngurusin ini-itu soal IBF, draft belom sempet gw sentuh lagi *alasaaan

padahal, kawula muda, kalo dipikir-pikir, penelitian Skripsi gw tuh gak rempong-rempong amat, gak sampe se-heroik temen2 laen yang konon, musti nginep di lab malem-malem, berjam-berjam berjaga. bahkan kayanya gak ngaruh juga bagi kesejahteraan berbangsa dan bernegara *lebaaaay.
Tema penelitian gw tentang :
 Pengujian ketahanan Surfaktan terhadap bakteri dari sumur minyak Bumi
(terlihat fenomenal y kawula muda dari tema-nya?! he, padahal gak juga ding).

Lanjuut...
selama satu bulan lebih (pertengahan Januari - Akhir Februari) gw bolak-balik nganterin draft skripsi  sidang ke mami di SBRC, baranangsiang, Bogor. (oia, klo ada yang nanya apa itu SBRC. Bisa klik disini yah. Selain ngurusin draft, gw juga disibukkan dengan prosedur pendaftaran sidang yang kudu mencantumkan ini-itu. salah satunya nilai akademik terakhir. Ini yang bikin rempong dan rada hopeless, kalo-kalo gw gabisa sidang cepet (rencana gw bisa sidang di Februari)

Ada satu nilai Mata Kuliah yang gw ikutin dari departemen laen (Supporting Course). Adalah MK. Dasar Komunikasi (KPM 210) yang nilainya masih tercantum BM (belum masuk) dalam sistem KRS nilai  akademik. Kawula muda tau artinya apa? Gw ga mungkin bisa sidang tanpa pencantuman nilai itu. *garuk-garuk tanah, guling-guling bambu, cakar-cakar tembok, gimana niy?

Prosedur yang gw jalanin saat itu : dateng ke sekret KPM minta salinan nilai Daskom gw -- ke UPT dep TIN minta dimasukkin (dari sinilah cerita berlangsung panjaaang). ternyata oh ternyata, nilai dalam sistem KRS gw masih tercantum MK. Komunikasi Bisnis (yang seharusnya dah gw urus kepindahannya jadi MK.Dasar Komunikasi, what happend to me? padahal temen2 yg laen, yang juga pindah dari Kombis ke Daskom, fine-fine ajaah, * ya Allah, Ampunin aim ya Allah).

sejak saat itu prosedur yang gw jalanin berubah : Bikin surat pengajuan perubahan MK (diketahui kord MK tsb)--ke UPT dept TIN (dibuatkan surat resmi untuk AJMP, rektorat)-- ke AJMP rektorat (ngasih surat pengantar dept yg sudah di ttd sekdept)--nunggu hasil ! Kemudian, apa yang terjadi kawula muda, surat gw ke AJMP itu gak tertembus ke dept gw. Alhasil sistem KRS masih mencantum Kombis bukan Daskom. Gembel, F*78k birokasi belibet!. ---> sambil nunggu prosedur2 diatas, gw siasatin untuk buat Paspor (postingannya bisa diliat disini), alasan gw bikin paspor saat itu adalah, pengen jalan keluarnegeri, dengan ikut-ikutan paper bareng @nurhidayat AISC, Taiwan. Karena satu dan lain hal (duit), kita urung ikut! =(

Oke, akhirnya berhasil juga nilai Daskom gw tercantum manis (agak nyesek juga ding, tercantum B sangaaaat gendut, nilai akhir gw 74, 6 sodara-sodara, untuk dpt nilai A 76, selisih 1,4 ding). lanjut bolak-balik ke SBRC buat konsult kapan waktu sidang yng tepat.
Gw disaranin untuk ke PA gw yang ke 2 (bapak Abdul Haris, MSi, beliau bos di LEMIGAS di bagian/ Unit penelitian yang berhubungan dengan MEOR, aplikasi biologi untuk eksplorasi/ eksploitasi minyak bumi).

8 Maret 2011, hari gw disidangkan dimuka 2 Pembimbing Skripsi dan 1 dosen penguji (ibu Dr. Liesbetini H.), Gw gak bisa cerita banyak pas prosesi ini, gw mati kutu, kawula muda, kata orang -orang terdekat. gw jago Ngecap, dihadapan beliau-beliau itu, gw pasrah, yang ada malah omelan, musti ilmiah kawula muda apa yg kita omongin tuh ada sumber/datanya, bukan asal jeplak, merasa BEGO dah saat itu.

Eiiit ada Tapiiinya, kawula muda, secara bapak Harris itu kawan lamo Mami (Prof. Erliza). etdah didalam beliau malah ngobrol lhoo, dalam hati gw: azeeekk, 2 jam didalem bukan pembantaian ke gw, tapi reunian kecil-kecilan dari mereka. makasih buat pak Harris yang belain argumen dudul gw. dan ngasih nilai lebih, yang ngebuat gw dapet nilai A, makasih buat ibu Dr. Liesbetini, buat koreksian yang superduper banyaak di catatan draft sidang waktu itu. Jadi tau, kalo gw gak terlalu teliti soal pemakaian kata efektif, tanda baca, sampe abstrak berbahasa inggris gw yang acakadut.

30 Maret 2011, gw, @erateiha_, sama sandra (ITP43), adalah 3 orang terakhir Fateta yang berhak untuk dapet wisuda 25 Mei 2011. Lantaran kita bertiga, adalah orang pilihan terkahir yang dapet SKL yang ditandatangain Wk. Dekan. Kawula muda, untuk ngurus selembar SKL itu, rempongnya bukan main. Gw baru tau, kalo SKL itu cuman selembar kertas HVS A4 yang diprint dengan kop Fakultas, kaya dibwah ini.
SKL gw, butuh minimal 144 SKS buat dapetinnya

Alhamdulillah, dibanding kawan2 laen, SKL kita bertiga, dimudahkan, bahkan kita relaa gak pulang (karena hujan) dan nunggu di depan ruang wakil dekan, memastikan SKL kita dah dittd (saaah). kronologinya dapat saya rangkum berikut ini :

Rabu, 30 Mei 2011
08.00    Jalan dari kosan (hari saat itu rintik rintik romatis bikin pipis)
08.30    Nunggu depan tukang fotokopian | Ambil 6 exp. hardcover skripsi gw setebal      120 halaman, 40 halamnnya lampiran, he | bayar ongkos foto kopi-jilid nyampe 160rebuan * merasa bangga nenteng hardcover skripsi setengah lusin*
09.00   ke Bank BNI depan kampus Dramaga | duduk depan teller nunggu dipanggil | nyetor duit buat wisudaan Rp. 525,000 | bukti gw simpan. go!
09.30 - 11.40   Nungguin dosen gw (saat itu lagi rabuan) | ngobrol sama temen2 | masuk ruangan bareng mhswa s2, s3, angkt 45, 44, dan gw (43), ngobrol dikit sama ibu prof. erliza | ditandatangain seluruh hardcover skripsi gw + lembar pengesahan diluar 4 exp. Hamdallah 
11.40    Masuk ke ruang Ketua Departemen (ibu Prof. Nastiti)| minta tandatangan/pengesahan beliau | tanpa banyak cingcong, beliau langsung ttdin skripsi2 gw, (other case ; ada yg sampe speechless ditanya ini-itu tentang skripsinya and rencana setelah lulusnya, kok gw gak sih?! )

skripsi2 tsb langsung gw taroh di Sekretariat Fakultas
** Break Sholat Dzuhur, tapi belum minat makan siang (slaen gak ada duit, gw musti gerak cepet niy) **
ada temen yang ngebisikin, quota buat wisuda mei , dah nyampe 770an, itu artinya tinggal 30 orang lagi, oohh gosh!

prosedur laennya gw ringkas jadi  :

1. ke perpus LSI (nyerahin hardcover Skripsi (1) + CD (abstrak + fullcontent pdf dan doc)--> dapet surat bukti penyerahan skripsi ke LSI; dilanjut dengan surat bebes pustaka (dua surat ini syarat SKL dan daftar wisuda)

2. ke perpus Fateta : ngasih skripsi 1 --> dikasih tanda bkti penyerahan skripsi ke perpus Fakutas dan tanda bebas pustaka perpus Fakultas. (buat syarat SKL ini mah)

3. ngasih 2 Skripsi ke UPT (dept TIN) + CD (abstrak+full) + nyerahin syarat ke (1) dan ke (2) diatas. ditambah nyerahin foto berwarna terkahir dan biodata serta kuisioner kepuasan selama jadi mahasiswa di IPB (yang ini mah gampang, dah jauh hari gw isi)

4. dateng ke Dosen PA gw : nyerahin Skripsi + CD dan minta doi ttd bukti penyerahan skrispi ke dosen pembinbing.

sampe disini gw break, atur nafas, kayang dikit, sambil lompat bungie jumping, gile dalam 2 jam gw musti ngelakuin prosedur diatas (cemuuuuunggguh kakaaaa)

5. Mengisi isian yang di sediakan oleh fakultas dan menunggu SKL keluar.

hamdallah, hujan rintik rintik romatis jadi hujan deras bombastis yang ngebuat kita ber 3 ogah balik dan tetep stay di deket ruang dekanat.
Pokoknya gw mau SKL beres Hari ini ! titik!
*tangan gw meninju ke udara, sambil masang wajah garang,

 Finally, 17.40 SKL itu b-e-r-e-s juga..Alham..du...(hening sejenak) Lillah...

1 komentar:

terimakasih sudah berkunjung ke ariawiyana.co.cc